• SMA NEGERI 1 KOTA SERANG
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

SMANSA FAIR XVII

Setiap sekolah pastinya mempunyai acara besar yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Acara - acara tersebut pasti memiliki ciri khas yang membuat acara ini digemari dan ditunggu tunggu oleh warga sekolah. Acara – acara ini biasanya dibentuk oleh organisasi di sekolah, salah satunya yaitu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Acara yang dibentuk biasanya memiliki tujuan agar warga sekolah dapat belajar mengapresiasi karya yang sudah dibuat bersama – sama .

Seni adalah proses penciptaan dan ekspresi dari manusia yang melibatkan keterampilan, imajinasi, atau teknis. Seni biasanya mengundang unsur estetika dan memiliki nilai jual. Seni pada mulanya adalah dari manusia. Sesungguhnya pengertian seni sangat sulit untuk di jelaskan dan juga sangat sulit untuk dinilai, karena setiap individu memiliki pengertian tersendiri. Ada yang mengatakan bahwa seni itu indah atau mengandung unsur estetika atau keindahan. Ada juga yang mengatakan bahwa seni itu memiliki makna yang mendalam. Karena seni dapat mencurahkan perasaan yang sedang dirasakan oleh pembuat pada saaat itu. Setiap hasil karya dari pencipta pasti memiliki arti dan makna.

Istilah “seni rupa”,”seni musik”,”seni teater”,”seni sastra”, dan lain lain dalam Bahasa Indonesia ditenggarai memperlihatkan gejala adverbial. Gejala ini menunjukan kata-kata penting (rupa, musik, tari, sastra) hanya sekedar kata keterangan untuk kata seni. Keutamaan pada istilah-istilah itu terletak pada kata “seni”nya. Istilah seni sendiri dalam Bahasa Indonesia tidak membawa sifat kebendaan, walaupun merupakan kata benda abstrak. Dengan demikian, semua ungkapan seni punya kedudukan yang sama. Ungkapan seni tidak di batasi dari seni musik, seni tari, seni teater, ataupun seni rupa saja. Istilah-istilah ini dapat di kembangkan kembali seperti seni batik dan lainnya. Maka, kata seni tidak memiliki bentuk dan merupakan kondisi mental yang bisa berwujud banyak hal .

Festival menurut W.J.S. Poerwadarminta adalah hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting dan bersejarah, pesta rakyat. Namun seiring perkembangan zaman festival banyak dijadikan sebagai ajang untuk hiburan. Festival umumnya dilaksanakan di sekolah sekolah untuk menghibur warga sekolah di sela-sela waktu belajarnya yang padat karena pelajar di Indonesia umumnya memiliki jam belajar yang sangat panjang sehingga membuat mereka merasa jenuh sehingga mereka tidak bisa berpikir secara jernih.

Maka, untuk menghilangkan rasa jenuh itu kita OSIS SMA Negeri 1 Kota Serang membentuk acara festival yang di adakan oleh sekretaris bidang “kreativitas, Keterampilan, Kewirausahaan, dan Sastra Budaya”dengan nama program SMANSA FAIR. Acara ini biasanya berbentuk festival seni yang didalamnya terdapat penampilan seni yang berupa seni musik, seni tari, seni teater, dan lain-lain. Tahun ini OSIS SMA Negeri 1 Kota Serang mengadakan acara SMANSA FAIR yang ke – 17. Dengan mengambil tema budaya mancanegara “Explore world culture with talent and creativity”. OSIS SMA Negeri 1 Kota Serang mengambil tema tersebut dengan tujuan mengembangkan talenta dan aktivitas kita sebagai pelajar dalam pengembangan kebudayaan dan kesenian Internasional.

Dengan semakin majunya teknologi, kita semakin mudah untuk mencari atau mempelajari kebudayaan dan kesenian Internasional. Karena semakin kita dewasa tentu saja kebudayaan akan semakin bertambah juga. Pada zaman sekarang, banyak remaja yang hanya mengetahui kebudayaaan modern luar negerinya saja. Sedangkan, budaya tradasionalnya jarang diketahui karena dianggap tidak mengikuti zaman. Dengan SMANSA FAIR ini kami harap dapat menambah pengetahuan semua orang dan mengubah pandangan banyak orang tentang kebudayaan tradisional.

Budaya daerah adalah budaya yang menjadi ciri khusus suatu daerah dengan penerapan secara turun menurun. Budaya tradisional adalah budaya dalam aktivitasnya dilaksanakan secara segala unsurnya berupa hal yang berkaitan dengan peralatan tradisional. Budaya yang diturunkan oleh nenek moyang secara turun menurun dari generasi ke generasi. Setiap budaya dari setiap daerah akan memiliki ciri khas nya masing – masing. Ketika budaya tidak di kembangkan dan di kenalkan maka budaya akan dipunah dengan sendirinya.

Agar budaya tidak punah kita perlu memperkenalkan budaya kepada generasi baru ini dengan cara mempromosikan budaya – budaya yang dimiliki oleh negara – negara itu. Kita juga dapat mengembangkan budaya yang sudah ada dengan menggabungkan dengan budaya modern saat ini. Agar tidak kalah dengan budaya saat ini karena, generasi saat ini tidak terlalu mempelajari budaya tradisional karena sedikitnya orang yang mengetahui kebudayaan tradisional untuk mengajarkan pada generasi saat ini. Oleh karena itu, generasi saat ini lebih menyukai budaya modern dari pada budaya tradisional karena menurut generasi saat ini kurangnya mengenalkan budaya – budaya tradisional.

Budaya yang sangat beragam di dunia ini apabila tidak di lestarikan, selain itu juga dapat hilang karena adanya pengaruh dari era modern yang selalu muncul dengan perkembangan – perkembangan barunya yang tidak dapat di hentikan. Oleh karena itu, kita sebagai penerus dan masa depan bangsa perlu melakukan pelestarian budaya. Karena sesungguhnya keberagaman itulah yang membuat kita menjadi satu kesatuan yang dapat membuat perubahan .

OSIS SMA Negeri 1 Kota Serang membentuk acara SMANSA FAIR yang pertama kali pada tahun 2003. Pada tahun 2020 ini SMANSA FAIR akan diadakan yang ke-17. Acara SMANSA FAIR juga sekaligus merayakan ulang tahun SMA Negeri 1 Kota Serang. Acara SMANSA FAIR ini juga acara yang sangat ditunggu – tunggu oleh seluruh warga smansa dan siswa/siswa yang sudah lulus dari SMAN 1 Kota Serang. Karena SMANSA FAIR merupakan salah satu acara terbesar di SMAN 1 Kota Serang. Setiap tahunnya acara SMANSA FAIR wajib dilaksanakan karena sudah menjadi acara turun – menurun karena merupakan acara yang sangat ditunggu – tunggu oleh warga smansa.

Acara SMANSA FAIR ini diketuai oleh Faisal Darmawan kelas dengan skala yang besar seperti SMANSA FAIR. Siswa juga dapat lebih mempersiapkan diri untuk tampil di depan penonton yang lebih banyak.

Manfaat yang pertama adalah kreativitas siswa dan siswi dapat di salurkan. Dengan adanya acara SMANSA FAIR ini siswa dan siswi dapat menyalurkan bakat yang dimiliki oleh masing – masing siswa.  Pentas seni yang di adakan dalam acara SMANSA FAIR ini dapat berperan sebagai wadah untuk berkreasi sesuai dengan bakat yang di miliki oleh para siswa.

Manfaat yang kedua adalah rasa percaya diri siswa dan siswi dapat berkembang. Dengan menampilkan suatu pertunjukkan melatih rasa percaya diri yang lebih besar. Karena mereka harus mengesampingkan rasa malu dan harus menunjukkan yang terbaik di depan banyak orang. Karena terdapat beberapa orang yang memiliki rasa tidak percaya diri ketika berada di atas panggung, itu yang menyebabkan rasa tidak percaya diri itu tumbuh.

 Manfaat yang ketiga adalah kemandirian siswa dan siswi dalam melakukan sesuatu di bidang seni dapat terasah. Siswa dan siswi memiliki bakatnya masing – masing dalam bidang seni. Misalnya, seni teater, seni musik, seni rupa. Dengan berlatih secara terus – menerus para siswa dan siswi akan semakin terasah dalam bidang seni tersebut.

Di acara SMANSA FAIR juga kita membuka audisi band untuk semua siswa/ siswi yang memliki band dengan teman – temannya. Audisi band di SMANSA FAIR ini juga terbuka untuk umum tidak hanya untuk warga smansa saja. Untuk mengikuti audisi band ini sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia. Pada SMANSA FAIR yang ke – 17 ini membuka registrasi dari tanggal 6 Desember – 13 Desember 2020. Bagi yang ingin mengikuti audisi band di SMANSA FAIR kita memungut biaya untuk registrasi awal. Audisi band dilakukan di salah satu studio band  di daerah Serang pada hari libur dan dibagi menjadi dua hari. Pada saat hari audisi band harus menampilkan 2 lagu, yaitu 1 lagu wajib audisi yang berjudul bento yang dinyanyikan oleh Iwan Fals dan 1 lagu bebas.

 Seni dapat dibedakan menjadi lima kelompok , yang pertama adalah seni musik, seni music merupakan karya seni yang menggunakannya bunyi sebagai unsur utamanya, di dalam music juga terdapat unsur lain seperti, harmonisasi, melodi, dan notasi. Selain dari alat-alat music, suara music juga berasal dari manusia, misalnya akapela atau beatbox. Yang kedua adalag seni rupa, seni rupa adalah karya seni yang dapat dinikmati melalui media penglihatan, atau visual art. Seni rupa focus pada karya yang memiliki wujud dan rupa yang diekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia, dan lain-lain. Yang ketiga adalah seni tari, seni tari merupakan bentuk seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Pada umumnya seni tari digabungkan dengan seni musik. Yang keempat adalah seni sastra, seni sastra merupakan bentuk seni yang dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Melalui seni sastra dalam kata-kata, seseorang bisa menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang indah. Seperti puisi ataupun kaligrafi. Yang terakhir adalah seni teater, seni teater adalah  seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan buah piker seseorang. Beberapa kemampuan dasar dalam seni teater adalah kemampuan mencipatakan naskah, memahami karakter, dan mengeskpresikan  karakter dalam naskah.

            OSIS SMANSA menyiapkan untuk acara ini dari beberapa bulan yang lalu. Pada seksi bidang dekorasi mulai membuat beberapa iconyangdipersiapkanuntukacara SMANSA FAIR. Pada seksi bidang humas mulai meminta persetujuan melalui surat izin keramaian kepada RT atau RW di sekitar wilayah SMANSA, meminta izin kepada pihak kepolisian sektor kota Serang (POLSEK), kepolisian resor kota Serang (POLRES), dan satuan polisi pamong praja kota Serang (Satpol PP). Pada seksi bidang dokumentasi membuat konsep untuk trailer dan teaser perseksi.

Selanjutnya pada seksi bidang acara menyiapkan tarian flamenco dari Spanyol, tarian samba dari Brazil, tarian chacarera dari Argentina,  tarian cumbia dari colombia, tarian marinera dari Peru, tarian joropo dari Venezuela, tarian danza del vena do dari Meksiko, tarian cueca dari Chili, tarian caporales dari Bolivia, tarian hula dari Hawai, tarian wals dari Jerman, tarian waltz dari Austria, tarian morris dari Inggris, tarian tap dance dari Polandia, tarian cheilidh dari skotlandia, tarian folk dari Belanda, tari ceili irish dancing dari Irlandia, tarian tarantella dari italia, tarian salsa dari Kuba, tarian kpanlogo dari Afrika Barat, tarian volkspale dari Afrika Selatan, tarian haka dari SelandiaBaru, tarian tiwi dari Australia, tarian dunhuang dari China, tarian songkran dari Thailand, tarian kuchipudi dari India, tarian nihon buyo dari Jepang, tarian buchaechum dari Korea, tarian semayau dari Malaysia, tarian tinikling dari Philipina, tarian bielgee dari Mongolia, tarian roabim apsora dari Kamboja, tarian adai-adai dari Brunei darussalam, tarian luddi dari Pakistan, tarian champadari Laos, tarian caping dari Vietnam, tarian kecak dari Indonesia, dantarian beryozka dari Rusia. Kemudian pada seksi bidang konsumsi akan menyiapkan hidangan yang akan disuguhkan kepada guru, staff tata usaha, panitia dan juga guest star yang akan tampil. Sejauh ini persiapan SMANSA FAIR masih dalam proses pengerjaan yang di lakukan oleh OSIS SMA Negeri 1 Kota Serang 66 yang telah di bimbing oleh guru –guru khususnya wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dan pembina OSIS 66. (RSBA/S4,LNJ/S5,RLW/S0&NAA/S4)

Komentari Tulisan Ini